Kamis, 28 November 2013

SARABBA

SARABBA
   
jika Nutrifood mengeluarkan produk barunya dengan brand W'dank Sarabba Ini bukanlah sesuatu hal yang baru bagi orang Makassar. Minuman tradisional yang khas dengan jahenya dengan bahasa " Bambang bambang Sualla yang artinya pedis pedis enak di tenggorokan", membuktikan bahwa masakan dan minuman tradisional makassar tidak kalah jau dengan yang ada selama ini di nusantara.

Seperti Daeng Tona penikmat Sarabba yang sering mangkal di depan Stadion Mattoanging sekarang Andi Mattalatta di warkop Iyye iyye, mengatakan bahwa Sarabba sebenarnya adalah minuman kesehatan dimana suku Makassar menggunakannya untuk orang yang baru sembuh dari sakit.

Sarabba yang terbuat dari Jahe merah, dan Gula Aren (Pohon Inru Makassar) ditambah dengan beberapa racikan lainnya seperti tambahan sedikit merica, sudah melegenda.

Lain halnya dengan Ibu Jira yang memproduksi Sarabba instan dengan botolan. Yang sudah menjadi primadona bagi penikmatnya. Menurutnya hampir semua Warkop Di Makassarsudah menikmati hasil racikannya bahkan banyak hotel dan restauran yang memesanya.
ditanya berapa banyak " ya ratusa botollah perbulan, cukup untuk operasionalnya keliling kecamatan di kabupaten Gowa untuk mendidik UMKM yang sedang tumbuh, paparnya. Zainal Lannur/ foto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar