Senin, 25 November 2013

SAKIT ADALAH UJIAN

  
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Salah satu ujian kesabaran bagi seorang muslim adalah sakit. Sakit bagi seorang memiki banyak hikmah, diantaranya:
Sakit adalah penggugur dosa-dosa hamba-Nya. Penyakit yang diderita seorang hamba menjadi sebab diampuninya dosa yang telah dilakukan termasuk dosa-dosa setiap anggota tubuh. Rasulullah Saw bersabda, “Setiap getaran pembuluh darah dan mata adalah karena dosa. Sedangkan yang dihilangkan Allah dari perbuatan itu lebih banyak lagi.”
(HR. Tabrani).
Orang sakit yang mau bersabar akn mendapatkan pahala dan ditulis untuknya bermacam-macam kebaikan dan ditinggikan derajatnya. Rasulullah Muhammad Saw bersabda, “Tiadalah tertusuk duri atau benda yang lebih kecil dari itu pada seorang Muslim, kecuali akan ditetapkan untuknya satu derajat dan dihapuskan untuknya satu kesalahan.” (HR. Muslim dari Aisyah ra).
Sebagai timbal baliknya, ia akan selamat dari siksa neraka. “Aisyah Ummul Mukminin menerangkan sabda Rasulullah Saw bahwasannya sakit karena demam itu akn menghindarkan orang Mukmin dari siksa api neraka.” (HR. Al-Bazzar)
Selalu ingt pada Allah. Dlm kondisi sakit akn membuat orang merasa benar-benar lemah, tdk berdaya sehingga ia akn bersungguh-sungguh memohon perlindungan kepada Allah Swt., Dzat yang mungkin telah ia lalaikan selama ini. Kepasrahan ini pula yang menuntunnya untuk bertobat.
Selalu mengingat nikmat Allah. Sakit membuat orang tahu manfaat sehat. Tidak jarang orang merasakan nikmat justru ketika sakit. Begitu banyak nikmat Allah yg selama ini lalai untuk ia syukuri. Bagi orang yg bnyk bersyukur dalam sakit, ia akn memperoleh nikmat.
Pembersihan hati dari penyakit. Pendapat Ibnu Qayyim, “Kalau manusia itu tidak pernah mendapat cobaan dengan sakit dan pedih, maka ia akn mnjdi manusia ujub dan takabur. Hatinya mnjdi kasar dan jiwanya beku. Karenanya, musibah dlm bentuk apapun adalah rahmat Allah yg disiramkan kepadanya. Akn membersihkan karatan jiwanya dan menyucikan ibadahnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar