Senin, 25 November 2013

SAPI DI SUL SEL

Saat ini jumlah permintaan daging sapi dari beberapa daerah di tanah air makin meningkat. Untuk tahun 2010, jumlah permintaan yang masuk ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan mencapai 10.000 ekor dan tahun 2011, permintaan mencapai 15.000 ekor. Namun dari semua permintaan itu tidak bisa dipenuhi sepenuhnya. Bukan karena tidak memiliki kemampuan, hanya saja Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan memiliki target lain, yakni Sulawesi Selatan menuju Swasembada daging sapi dan mencapai target 1 juta ekor sapi hingga 2013.
Untuk permintaan tahun 2010 Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan hanya mampu memenuhi permintaan nasional sekitar 5000 ekor. Sementara untuk tahun 2011, kemungkinan besar Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan akan menurunkan jumlah permintaan yang akan dipenuhi.
Menurut Kepala Bidang Pengembangan Usaha Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Samsyul Bahri, Msi, Kamis 24 Maret 2011, kebutuhan daging sapi untuk Sulawesi Selatan mencapai 45 juta kg di tahun 2010. Sementara untuk tahun 2011 diprediksi akan ada peningkatan kebutuhan sekitar 15%. Mengingat tingginya permintaan konsumen, khususnya dari pelaku industri, seperti tukang bakso, coto, restaurant dan rumah makan serta banyaknya permintaan dari rumah tangga. Di Rumah Potong Hewan, permintaan dari tukang bakso mencapai 60%, sedangkan permintaan terbanyak untuk Sulawesi Selatan berasal dari Makassar, Parepare, Bone, Bulukumba dan beberapa kota lainnya. Sementara saat ini harga daging sapi mencapai Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu per kg. Namun bila ada moment penting seperti bulan puasa, tahun baru dan hari besar keagamaan harga daging biasanya mengalami peningkatan.
Dalam rangka mencapai target 1 juta ekor tahun 2013 dan swasembada daging sapi, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulawesi Selatan melakukan beberapa terobosan, seperti, memfasilitasi pihak swasta untuk melakukan impor sapi dari beberapa negara tetangga. Hal itu menambah populasi sapi dan untuk membudidayakan sapi. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga memberikan bantuan bibit sapi kepada masyarakat untuk dikembangkan.
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Ir, Murtala Ali, MSi membenarkan hal tersebut dan mengatakan bahwa hingga saat ini data dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan yang sudah divalidasi jumlah sapi di Sulawesi Selatan sudah mencapai 848.916 ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar